3 cara mudah memasang SSL (https) disitus web – SSL dijaman sekarang ini memang sangat paling di anjurkan untuk dipasang di setiap situs web terutama buat mereka yang berkecimpung di dunia SEO, toko online, bahkan blog pribadi yang kepengen ikut ngetrend di search engine ,

Yah SSL singkatnya adalah Secure Socket Layer kegunaannya ya buat melindungi setiap transaksi online pada situs website dari berbagai serangan jaringan seperti Ddos. ada banyak penyedia SSL dimuka bumi ini seperti yang sudah dikutip situs https://pereceh.net/best-20-provider-ssl .

Type SSL sendiri ada 3 diantaranya: SSL type DV (Domain Validation) dia melindungi 1-2 domain yaitu domain.com dan www.domain.com , SSL type OV (Organization Validation) dia melindungi beberapa domain sekaligus mencantumkan nama organisasi kita di Common Name nya , SSL type EV (Extended Validation) dia juga melindungi beberapa domain sekaligus kita diberi wewenang untuk mengedit nama yang akan ditampilkan di Common Name juga menampilkan nama perusahaan di sebelah tulisan HTTPS nya berwarna hijau saat situs kita diakses menggunakan komputer .

Setiap SSL mulai dari DV , OV , EV tata cara memvertifikasinya pun berbeda – beda ya walaupun kata orang asal ada duitnya semua serba beres juga cepet namun nyatanya gak begitu, untuk masalah ini kamu bisa tanyakan langsung saja ke penyedia layanan SSLnya.

kembali ke topik yang akan kita bahas hari ini yaitu 3 cara mudah memasang SSL (https) disitus web , walaupun kamu sudah memiliki Sertifikat (sudah mendownload) yang telah dikeluarkan oleh pihak berwenang yaitu CA ,bukan berarti situs mu aman begitu saja , ya kalo gak dipasang ke situs websitenya bagaimana bisa web kamu diakses menggunakan protokol HTTPS hehehe. Oke sekarang mari aku kasih tau gimana cara pasangnya simak ya:

3 Cara mudah memasang SSL di hosting

★ Cara pertama yaitu menggunakan perantara pihak ketiga seperti Cloudflare , Amazon , Gandi dan lain sebagainya . dalam hal ini aku akan mengambil contoh cara memasang ssl dengan cloudflare:

1. Pastikan situs website / Domain kamu sudah terhubung dengan Cloudflare caranya kamu bisa kunjungi HALAMAN INI

2. pada bagian DNS yang ada didalam Dasboard cloudflare pastikan juga A record dan Cname record berawan orange (oren)

3. setelah itu bagian SECURITY yang ada di dasboard cloudflarenya kalian bisa ubah SSL nya mau yang Flexibel, Full , Full strict . selesai dah silahkan di akses website nya https://websitemu.com

★ Cara kedua manual upload sertifikat SSL ke server , umumnya cara kedua ini dilakukan menggunakan panel seperti cPanel / WHM , Plesk , tapi ada juga yang tidak menggunakan panel alias langsung dari VPS ,dedicated . nah untuk cara ini kita ambil contoh menggunakan cPanel untuk pasang SSL nya:

1. Pastikan domain kamu sudah terhubung dengan cPanel caranya kamu bisa cari Klik Disini

2. kamu masuk aja ke cPanel nya (http://domain.com:2082) Lalu cari menu SSL / TLS setelah ketemu kamu klik saja itu, lalu pilih yang Kelola Situs SSL. warna biru paling bawah

3. selanjutnya kamu copas aja isi sertifikat .crt di kolom pertama , kolom kedua isi kunci sertifikat .key (kamu bisa temukan ini di File Manager > SSL atau di SSL / TLS lihat di bagian CSR) , kolom ketiga isi CA Bundle .crt . jangan lupa pilih juga bagian Domain Sesuai Sertifikat yang mau di pasang SSL . setelah selesai kamu bisa akses situsnya https://situskamu.com .

ada pun cara lain yang lebih mudah yaitu menggunakan menu SSL TLS Status di cPanel , kamu klik saja menu tersebut lalu centang (Ceklis) semua domain / subdomain lalu klik tombol AutoSSL nya di atas warna biru, tunggu sampai semua berwarna hijau.

★ Cara ketiga menggunakan plugin di panel Hosting , untuk cara yang terakhir ini kamu diharuskan menggunakan panel sebagai tempat untuk menyimpan semua file hosting seperti cPanel , Plesk . untuk yang ini kita ambil contoh tata cara memasang SSL di Plesk, berikut caranya:

1. pastikan domain kamu udah terhubung ke Plesk caranya sama kayak cara kedua kamu cari aja DISINI

2. silahkan login ke plesk (http://situsmu.com:8443) , lalu cari menu Let’s Encrypt .

3. di dalam menu tersebut kamu centang aja amankan webmail sama amankan domain lalu klik OK atau Apply selesai kamu tinggal akses websitenya https://websitemu.com

Kesimpulan

ada banyak penyedia web hosting maupun panel hosting juga banyak pula pengguna nya, namun di antara mereka masih banyak yang belum tau cara memasang SSL atau mungkin sengaja penyedianya gak menyediakan fitur SSL . maka dari itu aku berharap kedepannya dengan adanya berbagai trick tata cara pemasangan SSL seperti yang sudah aku sebutkan diatas kamu semua tidak lagi kesulitan mencari sana sini tentang cara pasang SSL di situs webnya.