Manual Instal SSL di cPanel – HTTPS pada akhirnya memang sangat paling penting untuk diterapkan sebagai protocol aman pada situs website, terutama bagi para pengusaha yang berbisnis berjualan barang maupun jasa diwebsite juga para publisher konten tentu hal ini sangatlah penting . bayangkan sekarang hampir semua operator telekomunikasi indonesia (Three, Smartfren , XL / AXIS , Telkomsel , Indosat) sudah menyisipkan iklan tersembunyi pada situs web yang masih menggunakan protocol HTTP yang bisa saja membuat para visitor atau member merasa terganggu akibat munculnya iklan tersembunyi secara tiba – tiba.

Namun apa jadinya jika kamu sebagai pengurus website tidak tahu menahu tentang bagaimana cara memasang SSL pada situs yang dijalankan-nya, yah karena setiap control panel hosting memiliki cara sendiri – sendiri agar SSL itu dapat diterapkan dan kemudian situs website pun bisa diakses menggunakan protocol aman HTTPS guna menghindari segala ancaman yang menyerang melalui protocol.

SSL atau yang disebut HTTPS memiliki tingkat masing masing diantaranya Personal atau DV (Domain Validation) lalu Kelompok atau OV (Organization Validation) dan Perusahaan atau EV (Extended Validation) . namun diartikel ini saya tidak akan menjelaskan perbedaan antara ketiga SSL tersebut biarlah para provider sendiri yang menjelaskannya nanti.

Oke sekarang kita kembali ketopik yang akan dibahas yaitu tentang gimana sih caranya memasang SSL dicpanel dengan cara manual tanpa menggunakan AutoSSL atau bahkan menggunakan pihak ketiga seperti Cloudflare , Cloudbric , Fastly dsb berikut tutorialnya:

Install Manual SSL dicpanel

sebelumnya pastikan terlebih kamu sudah memiliki SSL serta kunci SSL sesuai domain . ya karena pada dasarnya cert SSL merupakan sebuah kunci khusus yang ditanda tangani pihak berwenang CA seperti Digicert, Comodo , Geotrust dll agar situs kamu dapat diakses dengan aman menggunakan protocol HTTPS oleh para pengunjung. Jika sudah memiliki silahkan waktunya kita install SSLnya.

Step 1

Silahkan kamu masuk ke cPanel (http://domain.com:2082) lalu mencari menu SSL / TLS seperti gambar dibawah

jika sudah ketemu menu SSL / TLS kamu klik saja lalu menuju ke step selanjutnya.

Step 2

setelah diklik kamu akan disuguhi 3 menu berbeda yaitu Penandatangan Sertifikat , Sertifikat CRT dan yang terakhir iyalah Install SSL , nah pada step ini kamu pilih itu menu Install / Kelola SSL seperti gambar ini

Step 3

Langkah terakhir iyalah kamu Copy isi file SSL yang sudah kamu dapat diantaranya: Private.key , Certificate.crt dan CA Bundle lalu taruh saja sesuai pada kolom yang sudah disediakan disana klik deh install. Jangan lupa pilih domain sesuai sertifikat yah.

oke sekarang situs kamu berhasil di install SSL dan sekarang sudah dapat diakses menggunakan HTTPS . visitor pun tidak ragu lagi untuk mengakses situs kamu apalagi jika mereka menggunakan browser Chrome atau Firefox yang menampilkan address bar hijau diprotocolnya wah para visitor jadi merasa nyaman. oke sekian dulu artikel hari ini jika ada yang ingin ditanyakan silahkan gunakan formulir Contact yang sudah disediakan.

1 KOMENTAR

Comments are closed.