Perbedaan WordPress.com dan WordPress.org – Apakah kamu pemula yang baru belajar membuat sebuah situs website sendiri, aku rasa wordpress ini cocok buat kamu jalankan sebagai aplikasi landasan mu untuk membangun sebuah website online di internet.

pasalnya disini sekalipun kamu tidak mengerti bahasa bahasa pemrogram sekalipun 100% aku yakin kamu udah pasti bisa membuatnya karena aplikasi ini layaknya seperti game puzzle yang cuma tinggal ngerangkai aja biar lengkap semua tertata rapih.

Tapi tahukah kamu bahwasan nya ada perbedaan lho di antara WordPress.com dan WordPress.org apa sajakah itu, yok disimak baik-baik ya biar semua tau:

Apa itu WordPress ?

nah sebelum kita membahas perbedaan keduanya kita bahas dulu sebentar apa itu WordPress, WordPress adalah Content Management System atau yang sering di sebut CMS juga sebuah Platform yang dibuat dengan bahasa PHP dan SQL yang sifatnya Terbuka juga gratis, nah kok gratis terus siapa dong yang ngurusin soal keamanan atau pembaruan fitur-fitur terbaru jawaban nya tentu saja orang – orang ahli sekaligus sukarelawan dari seluruh dunia termasuk indonesia yang mengurus semua itu jadi temen – temen semua tinggal pake aja enak kan gak perlu cape-cape build website dari awal.

Lanjut ya kita bahas perbedaan keduanya simak lagi:

WordPress.com

WordPress.com adalah platform yang dibuat oleh Matt Mullenweg dan perusahaannya Automattic, Inc . Matt juga salah satu pendiri perangkat lunak WordPress, yang merupakan alasan lain mengapa seluruh WordPress.com vs WordPress.org sedikit membingungkan, Automattic juga merupakan kontributor besar untuk proyek open source WordPress.

Seperti halnya platform pada umumnya yaitu Blogger , Tumblr, Nextwapblog, BlogPonsel dan lain lain. WordPress.com ini juga ada yang mengelolanya yaitu pihak yang berwenang iyalah Automattic , kalian sih tinggal daftar aja trus pilih nama buat situsnya lalu jadi deh namakamu.wordpress.com untuk masalah harga itu relatif ya ada yang versi gratis ada juga yang versi berbayar, setau aku sih kalau untuk yang versi gratisnya ya tentu semua fiturnya serba dibatasi. kalau untuk versi berbayar aku kurang tau ya soalnya belum pernah coba hehehe.

dan yang perlu kamu tau di wordpress.com versi gratis kamu tidak dapat mengunggah / mengedit tema , mengunggah plugin atau bahkan mengedit kodenya sekalipun sesuai motonya WordPress itu cantik juga bersih.

WordPress.org

WordPress.org ialah sebuah CMS seperti yang aku jelaskan di atas Sifatnya terbuka juga gratis, nah untuk yang ini dikelola oleh WordPress Foundation yang dimana mereka ini kumpulan orang – orang ahli sekaligus sukarelawan yang ngurusin bagian keamanan fitur – fitur terbaru dan lain – lain.

Seperti halnya CMS Open Source dan gratis pada umumnya yaitu: Drupal, Joomla, Mamboo dan lain-lain, WordPress ini dijalankan menggunakan domain dan hosting yang kita sewa sendiri, disini kamu bebas mau ngapain aja mau digimanain aja mau dibuat apa aja karena kamu tidak memiliki batasan dari berbagai fitur yang ada, bahkan jikalau kamu punya kemampuan khusus membuat sebuah fungsi baru itu juga bisa di tetapkan disini, dan juga kamu tidak dikenai biaya untuk menjalankan WordPress.org ini selamanya, hanya saja kamu hanya membayar Hosting dan Domain yang kamu sewa dari penyedianya seperti Rumahweb, NameCheap, Bluehost dan lain-lain.

kalau untuk wordpress.org kamu diberi kebebasan bisa unggah / edit theme , unggah plugin bahkan mengedit kodenya via control panel admin maupun control panel hostingnya.

Kesimpulan

nah bagaimana sekarang temen-temen semua sudah tau kan apa perbedaannya, jadi kamu akan memakai yang mana nih untuk membangun situs websitenya, tapi perlu disadari yah apapun berbedaan nya pasti mereka juga punya sebuah fungsi yang berbeda juga. good luck tentukan pilihan mu sendiri.