Tutorial script redirect slug domain lama ke domain baru – buat kamu nih yang punya toko online di internet aku yakin kamu punya domain gak cukup satu, ya kan ?

terkadang nih yang namanya manusia kan ada bosennya gak ada puasnya terhadap suatu hal, termasuk domain, walaupun domain ini gak bisa diraba gak bisa disentuh tapi tetep aja kalo udah punya 1 ya pengen nambah lagi.

nah oleh karena itu dalam artikel kita hari ini akan memberikan script juga tutorialnya untuk bagaimana cara agar semua slug domain lama bisa di alihkan ke domain yang baru,

jika kamu bertanya apa itu slug maka saya jawab simpel aja yaitu akhir url setelah domain kalian, sebagai contoh nih www.namakamu.com/kontak penjelasannya begini www.namakamu.com adalah nama domain sedangkan /kontak iyalah slugnya, sudah paham oke lanjut.

umumnya seseorang melakukan pengalihan (redirect) sebuah website di internet hanya mengalihkan (redirect) domain nya aja dan menurut aku pribadi yang seperti itu agak kurang baik sebagai contoh www.domain.com dialihkan ke www.domain.org ,

Mengapa hal tersebut kurang baik ?

jawabannya jika seorang pengunjung mencoba mengunjungi websitenya misal domain.com/blog maka dia akan secara otomatis di alihkan ke domain.org dan besar kemungkinan bisa bisa bukan nya di alihkan, ini malah terjadi error di halaman yang ditujunya, kalo hal tersebut sampai terjadi si pengunjung kan merasa kecewa jadinya, dan tentunya itu sangat tidak baik.

maka dari itu biar hal semacam diatas tidak terjadi kali ini aku beri caranya biar pengalihan nya sempurna, Logika nya begini lho jika pengunjung berusaha mengunjungi domainkamu.com/login maka akan secara otomatis di alihkan ke domainkamu.net/login , gitu.

Dibawah ini aku kasih tahu cuplikan keuntungan dari melakukan pengalihan domain secara sempurna:

– Memberi Tahu Pengunjung Tanpa Harus memBuat Pengumuman

– Semua Backlink domain lama Otomatis Tersalin ke domain baru

– Mempercepat munculnya itu domain baru di page search engine

– Mempersingkat waktu pasal Jikalau domain lamamu menggunakan sebuah CMS kemungkinan jikalau ingin redirect kamu harus install CMSnya lagi

oke semua udah paham nih sebelum kita menuju ke tutorialnya ada baiknya siapkan bahan – bahan nya dulu seperti berikut:

– Domain

– Hosting

Script (Download)

Udah siap nih ceritanya oke oke sekarang kita masuk ke tutorialnya, silahkan dibaca dengan baik:

Pertama. Hubungkan domain nya dulu ke hosting biar bisa diakses. kalo tahap ini sudah dilakukan ya silahkan loncat ke tahap selanjutnya.

Kedua. Silahkan kamu login ke hosting dan upload script yang sudah kamu download tadi ke folder webroot nya kalo di cpanel sih webrootnya ya publi_html .

Ketiga. Silahkan di extract scriptnya selanjutnya kamu buatlah dulu sebuah database di hosting. jangan lupa yah setelah berhasil buat databasenya kalian ingat tuh nama / user juga passwordnya.

Keempat. Setelah itu silahkan edit script yang sudah kalian extract tadi tepatnya pada file config.php , silahkan di ganti bagian ‘user’ ‘password’ ‘database’ sesuai database yang sudah kalian buat tadi dihostingnya. dan bagian ‘https://mths.be/’ diganti jadi url domain lama kamu sedangkan bagian ‘https://mathiasbynens.be’ diganti dengan domain kamu yang baru. jangan lupa import database.sql ke phpAdmin yah.

Setelah semua itu selesai silahkan kamu buka domain yang lama maka akan secara otomatis di alihkan ke domain baru ,, sekalipun kamu mengunjungi misal domainlama.com/wordpress maka dia akan di alihkan ke domainbaru.net/wordpress . oke aku rasa cukup ya penjelasan dan tutorialnya sampai disini. wasallam.